Oktober 08, 2012

disatukan, bukan diceraikan

Posted by Maysi Herawati at 21.07.00
pernikahan, hidup berumah tangga, menjalani kehidupan berkeluarga adalah impian setiap orang, meskipun ada pula yang memilih hidup melajang. ada banyak alasan mengapa orang ingin menikah, ingin bahagia, ingin mendapat keturunan, merasa sudah cocok dan sebagainya. dalam perjalanan hidup berumah tangga, tidak dapat dipungkiri kita akan mengalami berbagi masalah dan pergumulan. entah itu berat maupun ringan, orang mengatakan itu adalah kerikil-kerikil rumah tangga, bumbu dalam hidup pernikanan, yang seharusnya membuat ikatan antara anggota keluarga semakin erat dan kuat. tetapi kadang kala yang kerikil dan bumbu itu justru mendominasi sehingga membuat rumah tangga menjadi runyam dan tak jarang berujung pada perceraian atau perpisahan.
sama halnya dengan menikah banyak pula alasan mengapa perceraian terjadi. menurut riset paling tidak ada 10 alasan utama perceraian, yaitu:
  1. pasangan affair 
  2. abuse/kekerasan dalam rumah tangga (fisik dan mental)
  3. kejenuhan/kebosanan 
  4. lack of sex
  5. ekonomi 
  6. alcohol/drug abuse
  7. hutang
  8. karir
  9. hobby
  10. diri melakukan affair
kesatuan dan keutuhan sebuah keluarga bergantung dari bagaimana masing-masing pasangan mempunyai pandangan dan pemahaman yang benar mengenai hakekat dan  tujuan pernikahan kristiani. kesatuan diantara dua insan manusia, laki-laki dan perempuan  dalam sebuah pernikahan, akan langgeng jika masing-masing pasangan menempatkan pasangannya sebagai mitra yang setara, seperti yang dipesankan Allah pada awal penciptaan. suami dan istri perlu mempunyai komitmen yang kuat. yang tidak kalah penting juga bagaimana membangun relasi yang setara dengan sikap yang saling menghormati , memberi ruang untuk pasangannya, mengekspresikan dirinya dan menjalani perannya masing-masing.

seperti apa yang Tuhan katakan didalam Firman Tuhan dalam Markus 10 : 2-16  perihal Perceraian, dikutip dari ayat yang ke 9 "karena itu apa yang telah dipersatukan ALLAH, tidak boleh diceraikan oleh manusia" , dari ayat diatas disampaikan Tuhan menentang sebuah perceraian guys, maka pilih pasangan 1 dan untuk seumur hidupmu. Tuhan Yesus memberkati setiap pasangan yang ada didunia dan pasangan yang memiliki hubungan serius didalam DIA. 

 
 

This is Me Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review